[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menemukan, satu dari sembilan pria dan satu dari 30 wanita akan meninggal karena penyakit jantung sebelum berusia 70 tahun.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Heart Association, Dr Lloyd-Jones dan timnya meneliti data lebih dari 5.200 pria dan wanita berusia 28-62 tahun yang bebas dari penyakit kardiovaskular. Para peneliti kemudian memfokuskan penelitian pada tekanan darah, kolesterol, merokok dan diabetes, serta menghitung estimasi risiko kematian jantung mendadak.

“Kematian akibat serangan jantung mendadak lebih tinggi pada pria dengan risiko secara keseluruhan 10,9 persen seumur hidup di antara semua pria di usia 45 (kira-kira satu dari sembilan pria) dan risiko seumur hidup 2,8 persen di antara semua wanita pada usia 45 (atau sekitar satu 30 perempuan),” kata penulis studi, Dr Donald Lloyd-Jones, seperti dikutip Dailymail, Kamis (30/6/2016).

Tekanan darah tinggi atau kombinasi dari faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya dikaitkan dengan risiko kematian akibat serangan jantung seumur hidup. 

“Sangat sulit untuk memprediksi siapa yang berisiko serangan jantung karena kebanyakan pasien tidak memiliki riwayat masalah jantung dan tidak dipantau saat meninggal. Namun jelas, mayoritas kasus terjadi sebelum usia 70 dan dampaknya bisa melibatkan kesengsaraan keluarga,” katanya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply