[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang hamil, morning sickness mungkin dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Karena hal ini akan membuat wanita rentan mengalami dehidrasi, penurunan berat badan hingga kekurangan gizi.

Tapi ternyata ada masih banyak kesalahpahaman mengenai mengenai morning sickness atau Hyperemesis Gravidarum (HG) ini. Seperti dilansir Self, Sabtu (2/7/2016), berikut kebenarannya:

1. Morning sickness tidak terjadi pada semua wanita hamil

Menurut the American Pregnancy Association, 85 persen dari wanita hamil mengalami mual dan muntah selama kehamilan.

Morning sickness mungkin terjadi karena meningkatnya kadar progesteron selama kehamilan,” ujar asisten profesor kebidanan dan ginekologi, Constance Young, M.D. di Columbia University Medical Center.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika tidak mengalaminya. “Meskipun ada beberapa teori mengenai morning sickness yang mungkin bermanfaat, seperti misalnya plasenta yang lebih kuat, tetap tidak ada dasar yang faktual dalam asumsi bahwa ada yang salah dengan Anda, jika Anda tidak mengalaminya,” ungkap direktur medis Jason S. James, M.D., di FemCare ObGyn, Miami, Florida.

2. Tidak hanya terbatas pada pagi hari atau trimester pertama

James menjelaskan, morning sickness bisa menyerang setiap saat, misalnya saat perut Anda kosong setelah bangun tidur, atau saat tubuh mengirimkan sinyal hormonal ke otak yang memicu rasa mual ketika Anda bangun.

3. Jangan biarkan hal ini merusak hari Anda

Menurut the American College of Obstetricians and Gynecologists, jika Anda mengalami gejala yang cukup parah, sekitar 3 persen dari wanita hamil mengalami morning sickness

Meski mengalaminya, sebisa mungkin harus melawannya agar tidak terbawa suasana hati. Lakukan aktivitas menyenangkan bersama pasangan atau melakukan hal yang Anda sukai.

Ingat, sebuah studi terbaru menyimpulkan bahwa rasa mual dan muntah yang terjadi pada pagi hari ini bisa menjadi pertanda bayi akan tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas.

 

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply