[ad_1]

Liputan6.com, New York- Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit stroke, ginjal, jantung dan demensia. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Riskesdas 2013 menunjukkan ada 25,8 persen pasien hipertensi dan 60 persen diantaranya tak sadar mengalaminya dan 80 persen tidak melakukan kontrol tekanan darah.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Cara mudah juga ada mulai dari mengonsumsi yogurt hingga beraktivitas di bawah sinar matahari pagi. Selengkapnya, melansir laman Prevention, Senin (9/5/2016).

1. Konsumsi yogurt rendah lemak dan gula

Orang yang mengonsumsi satu hingga enam sajian yogurt rendah gula dan lemak selama 14 tahun, cenderung 31 persen tidak memiliki tekanan darah tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsi yogurt.

2. Nikmati pancaran sinar mentari pagi

Dengan menikmati pancaran sinar matahari pagi selama 15 menit dalam 3 kali seminggu bisa menjaga kadar Vitamin D dalam tubuh. Dan hal ini bisa menurunkan tekanan darah secara alami.

Dalam studi yang dilakukan profesor kardiologi dari Emory University School of Medicine, Arshed Quyyumi dengan menjaga tingkat Vitamin D cukup, tekanan darah bisa turun. “Hal ini karena Vitamin D menjaga arteri lebih rileks serta meningkatkan fungsinya,” tutur Quyyumi.

3. Berkumpul bersama teman-teman

Siapa sangka kesepian bisa menaikkan tekanan darah hingga lima poin, berdasarkan studi tahun 2010. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga hubungan sosial dengan baik seperti dituturkan peneliti dari University of Chicago, Amerika Serikat, Louise Hawkley, PhD.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply