[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya gangguan makan yang memiliki banyak jenis, gangguan tidur pun demikian. Jika kita selama ini hanya tahu insomnia sebagai gangguan tidur, berikut ini ada tiga jenis gangguan tidur lainnya yang bisa Anda ketahui:

1. Makan ketika sedang tidur

Gangguan tidur ini disebut dengan Nocturnal Sleep-Related EatingDisorder (NSRED). Kondisi seperti ini dikutip dari Health24 merupakan gangguan yang ditunjukkan dengan mengonsumsi banyak makanan saat tubuh dalam keadaan tidur dan tak sadarkan diri.

2. Sleep paralysis

Peristiwa ini dikenal dengan gangguan tidur ketindihan. Seseorang akan merasakan telah benar-benar tersadar namun tidak bisa menggerakkan bagian tubuhnya. Hal itu bisa terjadi karena otak yang terbangun tidak sejalan dengan tubuh yang sudah berada pada tahapan tidur lebih dalam.

Jika kondisi tubuh seseorang terlalu lelah atau pun kurang tidur, maka akan berakibat pada pola tidur normal, yakni terganggunya sistem tubuh, sehingga otak dan tubuh tidak bisa berjalan lurus dan selaras, dan akhirnya tidak bisa memasuki tahapan tidur yang sama.

3. Narkolepsi

Sebutan narkolepsi ditujukan bagi mereka yang seringkali tertidur secara tiba-tiba saat melakukan rutinitas. Misalnya, seseorang mendadak tertidur ketika bekerja, atau seorang anak yang tertidur ketika bermain. Narkolepsi adalah gangguan tidur yang bersifat neurologis dengan waktu tidur yang acak.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply