[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Kala haid, setiap wanita tentunya tak dapat menolak rasa nyeri, kram, dan linu yang menyerang sekujur tubuh. Meski aktivitas fisik telah dijalani namun rasa sakit akibat haid tidak akan berhenti total.

Melansir laman Health Line, ditulis Minggu (5/06/2016), makanan dan minuman yang dikonsumsi selama haid akan mempengaruhi kinerja tubuh untuk memerangi rasa nyeri, keram, ataupun linu. Berikut cara mengatasi rasa sakit akibat haid dengan mudah dan tepat.

1. Cukup air
Mengonsumsi air mineral dengan takaran yang dilebihkan sedikit dari ukuran normal, dapat mempertahankan kekuatan tubuh untuk menghindari rasa sakit pada perut selama haid.

Mengonsumsi air hangat akan lebih efektif untuk mengatasi perut yang kram–sebab cairan panas yang mengalir dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah ke otot yang sempit. Atau Anda bisa menambah asupan makanan yang mengandung air tinggi seperti stroberi, melon, raspberry, atau blueberry.

Wow, sekarang nyeri haid bisa sirna bila pakai ganja!

2. Penuhi kalsium
Kalsium akan membantu mengurangi rasa linu selama haid. Mayo Clinic merekomendasikan mengonsumsi 1.000 miligram kalsium per hari selama menstruasi melanda. Dapatkan kalsium dengan mudah dari makanan seperti wijen, almond, dan sayuran hijau.

3. Kurangi kafein
Memotong jumlah kafein selama haid dapat mengurangi tegang otot akibat haid. Ganti secangkir kopi Anda dengan menikmati segelas teh panas, air lemon, atau air jahe.

4. Konsumsi jahe
Jahe yang dipercaya mampu menangani flu dan sakit kepala ternyata berfungsi juga untuk memerangi rasa nyeri selama haid. Parut satu potong jahe dan campur ke dalam air panas akan memotong rasa kram selama haid berlangsung.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply