[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Untuk sebagian orang yang tak terbiasa bangun pagi, mungkin hal ini merupakan sebuah bencana atau beban terberat dalam hidup. Tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa dilatih.

Seperti dilansir laman Marie Claire, Rabu (29/06/2016) bangun tidur di pagi hari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Seorang Clinical psychologist, sekaligus pemlik dari NYC Sleep Doctor, Dr. Janet K. Kennedy, berbagi cara untuk memudahkan Anda bangun lebih pagi, sebagai berikut.

1. Atur alarm lebih awal

Coba untuk mengatur alarm 30 menit lebih awal selama seminggu. Cara ini akan membantu menyesuaikan tubuh bangun lebih awal. 

Tapi jangan berlebihan, jika Anda terbiasa bangun di pukul delapan pagi misalnya, Anda mengubahnya menjadi pukul lima pagi. Usaha Anda akan sia-sia.

2. Hindari pekerjaan dan gadget

Satu jam sebelum tidur, Anda wajib menyimpan gawai. Sebab hal ini akan menjadi mempengaruhi kualitas tidur yang membuat Anda kesiangan. 

3. Latihan fisik teratur

Dr Kennedy mengatakan, latihan fisik menjadi salah satu rangkaian tepat agar bangun tidur lebih awal.

“Udara segar dan sinar matahari akan membantu untuk meningkatkan energi dengan menekan melatonin tubuh,”

Sementara latihan fisik dapat mempengaruhi pola sirkadian tubuh dan mengurangi gejala cemas dan depresi yang membuat orang sulit tidur.

4. Atur cahaya lampu kamar

National Sleep Foundation menunjukkan, lampu yang remang-remang dan suhu kamar yang tepat akan mempermudah seseorang untuk tidur dan bangun lebih cepat.

 

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply