[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Pemudik yang kurang memerhatikan kebersihan tubuh sendiri selama perjalanan pulang ke kampung halaman berisiko mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr M Adib Khumaidi, SpOT, mengatakan, pemudik itu rentan sekali terpapar kuman lantaran penggunaan fasilitas umum yang lebih sering di tempat dia beristirahat.

“Saat mudik, kita seringkali lalai dalam menjaga kebersihan selama perjalanan mudik. Risiko terkena kuman bisa jadi lebih tinggi, karena fasilitas umum sebagian besarnya merupakan tempat bersarangnya kuman,” kata Adib dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu (25/6/2016)

Adib lalu memberitahu sejumlah cara menjaga kebersihan tubuh sepanjang melakukan mudik yang dapat membantu Anda dan keluarga terhindar dari kuman penyakit yang tidak diharapkan;

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima
  2. Konsumsi suplemen apabila kondisi kesehatan menurun
  3. Hindari makanan yang memicu peradangan usus seperti makanan yang terlalu pedas dan berbumbu.
  4. Memilih tempat makan yang bersih
  5. Cuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir sebelum dan sesudah makan. Sediakan gel pembersih tangan saat bepergian.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply