[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memastikan payudara selalu kencang seiring pertambahan usia – selain operasi tentunya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuat payudara kencang lebih lama. 

Melansir Women’s Health, Minggu (8/5/2016) ada lima kebiasaan yang bisa membuat payudara Anda kendur lebih cepat. Jadi, jika ingin payudara tetap kencang, pastikan Anda menghindarinya.

1. Diet tidak seimbang

Berat badan naik turun antara tiga sampai lima kilo mungkin tidak akan berpengaruh pada payudara. Tapi, diet yo-yo yang membuat berat badan Anda turun lebih dari 15 kg bisa sangat berpengaruh.

Setiap kali berat badan Anda turun atau naik, jaringan payudara menjadi lebih kendur, layaknya sepasang celana karet, jelas Michael Edwards, M.D., seorang dokter spesialis bedah payudara dan presiden dari American Society of Aesthetic Plastic Surgery.

2. Merokok

Payudara Anda tidak bisa lolos dari bahaya rokok. “Rokok dalam jumlah berapapun dapat melemahkan dan membuat kulit lebih tua karena menurunnya pasokan darah ke permukaan kulit,” jelas Edwards.

3. Tidak mengenakan tabir surya

Memaparkan kulit wajah Anda secara langsung di bawah UV tanpa tabir surya bisa menyebabkan kerutan prematur. Sinar UV juga bisa membuat payudara Anda kendur karena berkurangnya kolagen dan rusaknya kulit, tambah Edwards lagi.

Jadi, saat payudara Anda akan terekspos sinar UV – seperti saat berenang atau di pantai – pastikan Anda sudah membalurinya dengan tabir surya yang cukup.

4. Mengenakan bra yang tidak tepat

Baik itu bra yang Anda gunakan sehari-hari maupun sport bra yang Anda kenakan saat berolahraga, pastikan Anda selalu mengenakan bra yang tepat. Ini berarti memilih ukuran yang sesuai dan jenis bra yang tepat untuk kegiatan yang akan Anda lakukan.

“Semakin payudara Anda berguncang, semakin stres kulit payudara dan kolagen Anda,” ujar Edwards. Jadi pastikan Anda mengepas bra secara tepat saat akan membelinya.

5. Olahraga high-impact

Beberapa ahli percaya bahwa gerakan naik turun yang berulang, seperti saat Anda melompat-lompat, bisa merusak kolagen di payudara.

Namun, sebelum Anda memutuskan berhenti berolahraga, pastikan Anda bisa menemukan olahraga lain yang lebih sesuai untuk Anda. Dan jangan lupa juga, olahraga bisa membuat Anda awet muda dengan cara lain.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply