[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Setiap adegan dalam film The Conjuring 2 tentunya membuat darah terasa tak mengalir–bahkan membuat jantung bergedup kencang karena terlalu tegang.

Nampaknya untuk kebanyakan orang memang malas untuk memilih tontonan tersebut karena merasa tubuh akan stres dan tak tenang. Tetapi tahukah Anda film dengan genre thriller dan horor seperti The Conjuring 2 dapat menyehatkan tubuh Anda?

Mengutip laman Influencive, ditulis Jumat (17/06/2016) terdapat manfaat kesehatan tubuh jika Anda memilih film seperti The Conjuring 2, simak ulasannya berikut ini.

1. Pompa adrenalin

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita depresi sering mengalami masalah terhadap adrenalinnya.

Saat Anda merasa cemas atau tertekan, cobalah untuk menonton film horor untuk mengembalikan perasaan senang. Menyaksikan film horor akan menghasilkan reaksi tubuh–khususnya pada kelenjar adrenal untuk bergerak lebih baik lagi.

Proses perubahan adrenalin pun dapat memicu pelepasan bahan kimia pada tubuh sehingga merasa lebih baik dari sebelumnya.

2. Melupakan stres

Kegiatan sehari-hari yang cenderung membuat perasaan tak menentu bahkan stres akan hilang saat Anda menonton film horor.

Setiap menonton film horor, seluruh tubuh memang akan merasa tegang. Namun di sisi lain pikiran akan teralihkan dengan sempurna dan Anda akan melupakan semua hal yang membuat hidup Anda menjadi stres.

Film seperti The Conjurung 2 dapat dikatakan baik untuk menghibur dan menenangkan Anda dari kondisi stres.

3. Bekerja sebagai anestesi

Anestesi yang dikenal sebagai obat untuk menghilangkan nyeri akan Anda dapatkan saat menonton film horor.

Otak dan emosi yang bereaksi seperti roller coaster akan dapat lebih tenang dan terlepas akibat film horor. Selain adrenalin yang mendapat pengaruh, glutamat, serotonin, dopamin, dan bahan kimia dalam tubuh lainnya dapat terlepaskan dengan efektif dari dalam tubuh.

4. Mengatasi ketakutan

Penelitian yang dilakukan Dr Mathias Clasen’s menunjukan bagaimana film horor dapat mengimbangi rasa takut seseorang.

Saat menonton film horor, individu dapat belajar mengatasi rasa rakut dengan mengarahkan pikiran yang tersembunyi. Emosi pun dapat digunakan untuk mengatasi situasi tegang juga meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

5. Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian mengklaim menonton film horor dapat meningkatkan kadar sel darah putih secara aktif. Sel-sel putih yang bekerja untuk memerangi virus dan bakteri pada tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

Studi pun menunjukkan 32 wanita dan pria yang diteliti, memiliki tingkat kekebalan meningkat setelah menonton Texas Chainsaw Massacre untuk pertama kalinya.

6. Membakar kalori tubuh

Dalam studi yang terbit dalam The Telegraph, menunjukan perubahan kalori pada tubuh setelah menonton film horor.

Percobaan termasuk dari beberapa film menakutkan yang cukup legendaris, yang mampu meningkatkan pembakaran kalori. Seperti The Shining mampu membakar 184 kalori, Jaws berhasil membakar 161 kalori, The Exorcist membakar 158 kalori, dan Saw dengan 133 kalori.

Tidak ada penjelasan kongkret bagaimana proses pembakaran kalori bisa terjadi. Namun dipaparkan lonjakan adrenalin, peningkatan denyut jantung, asupan oksigen, hingga penghapusan karbondioksida– ditambah kontraksi otot terjadi dengan baik saat tubuh menyakiskan film horor.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk takut menonton The Conjuring 2 kan?

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply