[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Menanamkan kebiasaan hidup sehat mungkin terkesan berat karena orangtua harus mau repot. Namun sebelum Anda berpikir sulitnya mengasuh si kecil yang sulit diatur, berikut ini ada beberapa tips dan trik hidup sehat.

Seperti disampaikan Psikolog Anak Chitra Annisya, M.Psi, anak-anak adalah peniru ulung. Dia mahir sekali menyontoh orangtuanya dalam bertutur bahkan bersikap. Oleh karena itu ada beberapa hal yang orangtua harus tahu, seperti:

1. Dibanding mengajak secara lisan, beri saja contoh langsung

“Terkadang orangtua merasa anak butuh diajak diskusi. Bagi beberapa anak mungkin berguna, tapi sebagian lain belum tentu bisa diajak langsung. Perlu ada peran orangtua karena anak mencari role model dalam menunjukkan hal tertentu, seperti makan sehat kemudian dijelaskan apa manfaatnya, atau olahraga,” kata Chitra beberapa waktu lalu.

2. Libatkan seluruh anggota keluarga

Tak ada salahnya menghabiskan waktu bersama keluarga. Ajak anak makan sehat di meja makan, saling berdialog antara kakak adik dan buat kehangatan dalam keluarga.

“Jadikan ini momen yang ditunggu anak. Sekalipun mengajak anak olahraga, kegiatannya harus menyenangkan.”

3. Lakukan kegiatan dengan kasih sayang

Anak itu akan mencari sumber kasih sayang. Contohnya ketika dia diajak berenang, ada dialog yang membuat anak tertawa–itu sama dengan kasih sayang. Dengan begitu, anak akan merasa olahraga seperti ini menyenangkan. Namun sesuaikan aktivitas fisik dengan usia anak.

4. Lakukan secara rutin dan konsisten

Ini yang kerap disepelekan orangtua. Kadang anak merasa hidup sehat itu tidak begitu penting karena melihat orangtua yang tidak konsisten. 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply