[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Aktor Hollywod Jean-Claude Van Damme membuat publik bertanya-tanya. Beberapa waktu lalu, pemeran laga di film the expendables 2 ini menjawab pertanyaan yang tak diduga.

Seperti dikutip Ilmfeed, Rabu (15/6/2016), dalam sebuah wawancara dengan MBC, aktor ini ditanya mengenai pola makan sehat. Jawabannya, dia menyontoh pola makan Nabi Muhammad SAW.

van damme 2

“Baca, cari tahu kalau Muslim memiliki banyak hal yang baik–seperti halnya Nabi Muhammad yang cerdas. Dia tahu apa yang terbaik untuk masa depan, termasuk mengenai tubuh (sehat). Jadi jangan tanyakan aku, tapi percayalah, kamu memiliki segalanya yang kamu butuhkan,” ujarnya.

Menurut Van Damme, Nabi Muhammad adalah contoh baik dalam menjaga perilaku makan.

Dalam buku berjudul “Solusi Sehat Islami”, Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia, dr Muhammad Suwardi menjelaskan secara lengkap terkait pola makan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, Rasulullah selalu mengombinasikan makanan yang berbeda jenis.

Tujuannya, untuk saling melengkapi, baik dari segi gizi maupun dari sifatnya (asam-basa) dapat saling menetralkan. Misalnya, mentimun dengan kurma, atau melon dengan kurma. 

Rasulullah SAW juga menerapkan pola makan sejenis food combining. Beliau membiasakan diri untuk mengawali hari dengan makan sesuatu yang ringan seperti segelas air dingin dicampur dengan madu. Seperti diketahui, madu berfungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus, dan mencegah sembelit.

Memasuki waktu dhuha atau menjelang siang, Rasulullah SAW mengonsumsi tujuh butir kurma. Barulah pada siang hari ketika sistem pencernaan bekerja dengan baik, Rasulullah SAW memakan makanan padat seperti roti.

Menjelang sore, Rasulullah SAW mengonsumsi minyak zaitun, cuka, dan roti. Sedangkan menu makan malam Rasulullah SAW adalah buah-buahan dan sayuran yang berfungsi menguatkan daya tahan tubuh.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply