[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Tubuh kita terdiri dari berbagai dasar komponen dan salah satunya adalah lemak. Komponen besar lainnya adalah tulang, organ-organ, otot, air, dan darah. Semua komponen tersebut harus berfungsi secara tepat untuk hidup sehat.

Lemak dapat membantu atau merugikan kita. Ada dua tipe lemak dalam tubuh kita, yaitu lemak esensial dan lemak yang berada bawah kulit, seperti yang dilansir dari Olwomen, Jumat (24/6/2016):

1. Lemak esensial

Lemak positif yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan normal. Lemak ini biasanya disimpan dalam otot, organ, sumsum tulang, dan sistem saraf pusat dalam jumlah kecil.

Pria membawa tiga persen lemak esensial, sementara wanita membawa presentase yang lebih tinggi, yaitu sebanyak 12 persen. Hal ini dikarenakan lemak esensial tersebut berada di dalam organ wanita seperti payudara, panggul, organ seks, pinggul, dan paha.

2. Lemak yang berada di bawah kulit

Jenis lemak lainnya berada di bawah kulit, di dalam otot, dan di berbagai bagian tubuh kita. 

Di luar peran positifnya, lemak yang disimpan ini dapat menjadi berbahaya jika persentasenya naik secara drastis di dalam tubuh. Kebanyakan, lemak tersebut memiliki kecenderungan untuk membesar, tergantung bagaimana seseorang mengonsumsi makanannya.

Terlalu banyak lemak yang disimpan memang berbahaya, namun jika lemak terlalu sedikit, juga dapat memberikan masalah pada kesehatan.

Persentase dari lemak yang disimpan, berbeda pada setiap jenis kelamin dan umur. Jumlah lemak yang tepat untuk pria adalah 8 sampai 19 persen, sedangkan untuk perempuan dapat berkisar antara 21 sampai 35 persen dalam tubuh mereka.

Kelebihan lemak, dapat menyebabkan terkena penyakit jantung, stroke, arthritis, dan berbagai macam penyakit lain yang disebabkan oleh lemak yang meningkat.

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply