[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia kalau kebanyakan orang dewasa modern yang tinggal di kota-kota besar tidak mendapatkan tidur yang cukup. Berbagai alasan melatarbelakanginya. Entah karena pekerjaan yang selalu mengejar tiada habis, urusan rumah tangga, dan berbagai persoalan lagin.

Padahal, berbagai penelitian menyatakan bahwa kurang tidur memiliki efek kurang baik bagi kesehatan, seperti obesitas, dan penyakit jantung.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Idealnya anak-anak memiliki waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Jika ingin menjaga kualitas tidur anak, sebaiknya sebelum tidur jauhkan anak-anak dari telepon selular atau tablet.

Untuk membantu orang tua tahu berapa lama waktu yang tidur yang baik bagi anak-anak, sejumlah ahli yang terdiri dari 13 ahli tidur dari American Academy of Sleep Medicine bersama sejumlah kelompok kesehatan, termasuk American Academy of Pediatrics, memberikan rekomendasi lama tidur yang baik untuk anak-anak, seperti dikutip dari Time, Selasa (14/6/2016).

Sejumlah penelitian telah dilakukan para ahli ini, termasuk melacak waktu tidur serta kesehatan mereka. Dari 864 penelitian dapat disimpulkan anak-anak yang tidur kurang dari jumlah waktu yang dianjurkan para ahli mengalami masalah perhatian, perilaku, obesitas, hipertensi dan depresi.

Sementara itu, terlalu banyak tidur juga tidak baik bagi kesehatan anak, karena dapat berisiko terkena penyakit seperti diabetes, obesitas dan masalah kesehatan mental.

Berikut adalah lama waktu tidur yang dianjurkan para ahli untuk anak-anak berdasarkan usia.

Bayi 4 -12 bulan, lama tidur 12 -16 jam

Anak 1 – 2 tahun, lama tidur 11 – 14 jam

Anak 3 – 5 tahun , lama tidur 10 – 13 jam

Anak 6 – 12 tahun, lama tidur 9 – 12 jam

Remaja, lama tidur 8 – 10 jam

 

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply