cara presentasi

Cara agar bisa tampil percaya diri saat melakukan presentasi di depan orang banyak. Bagi sebagian orang, berbicara di depan publik cukup sulit dilakukan. Bisa saja karena malu, gugup, atau tidak siap diperhatikan oleh orang banyak. Namun sebenarnya, hal tersebut bisa diatasi dengan cara yang tidak terlalu sulit.

 

cara presentasi

 

Menurut standup comedian Ernest Prakasa yang menjadi pembicara di acara Marina FUNtastic Camp, Sandat Glamping Ubud, Bali, Jumat (18/9/2015), saat berbicara di depan orang banyak, tak sedikit dari mereka yang hanya melakukan hafalan materi.

“Kebanyakan hanya menghafal saja tetapi tidak dipraktikkan,” ujar pria berusia 33 tahun ini.

Praktik yang dimaksud diibaratkan seperti gladi resik yang dilakukan secara langsung seolah-seolah ada banyak orang di hadapan kita. Jangan ragu untuk mengeluarkan suara dan berlatih hingga rasa gugup itu perlahan hilang.

“Kalau kita ngomong dengan nyaring, itu membantu kita untuk menghapal apa yang ingin dibicarakan dan jadi lebih percaya diri saat bicara di depan banyak orang,” kata pria dua anak ini.

Selanjutnya, menguasai materi juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Jika kita sudah mengerti dan paham apa yang ingin dibicarakan, perlahan rasa gugup dan malu akan menghilang.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa dilakukan setiap kali ingin berbicara di depan orang banyak. Yakni dengan melakukan senam wajah dan mendengungkan pita suara (humming). Senam wajah bisa dilakukan dengan cara mengucapkan huruf vokal dengan mulut yang dibuka lebar-lebar, sedangkan mendengung untuk pemanasan pita suara agar tidak cepat lelah saat berbicara terus-menerus.

“Senam wajah untuk mengendurkan otot-otot dan memperlancar artikulasi suara agar lebih enak berbicaranya. Kalau kita bicaranya lancar, otomatis rasa percaya diri pasti muncul,” katanya.

Ditambahkan oleh Putu Dessy Fridayanthi yang juga menjadi pembicara pada acara yang sama, untuk berbicara di depan publik diperlukan intonasi suara yang tepat. Selain itu, teknik stressing atau penekanan pada setiap kata juga perlu diperhatikan agar orang-orang bisa mengerti apa yang sedang dibicarakan.

“Intonasi, artikulasi, dan penekanan kata penting dilakukan saat ingin berbicara di depan publik. Kalau ketiganya dilewatkan, orang-orang jadi tidak tertarik mendengarkan Anda berbicara, dan Anda pun jadi kurang percaya diri,” tutur penyiar radio dan MC ini.

 

sumber:wolipop.com