[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua dari kita memiliki kecenderungan melakukan kebiasaan buruk saat makan, sehingga hal tersebut menyabotase upaya kita untuk hidup sehat, menjadi aktif, dan bahagia.

“Anda tidak sendiri,” ujar direktrur nutrisi, Ashley M. Lytwyn, R.D.N di Breathe Life Healing Centers.

Dilansir dari Self, kamis (30/6/2016), berikut adalah kebiasaan umum yang buruk saat makan dan bagaimana cara mengontrol hal tersebut:

1. Perlu untuk merasa “penuh” setelah selesai makan

Latih otak dan tubuh Anda untuk selalu merasa puas dengan merencanakan porsi makan yang lebih kecil ditambah dengan makanan kecil setelahnya, seperti irisan roti dengan olesan selai kacang atau keju.

Membatasi konsumsi makanan sepanjang hari juga dapat mencegah lonjakan insulin dan membantu menjaga metabolisme tubuh untuk bekerja dengan baik, sehingga menjaga berat badan lebih mudah.

 2. Tetap makan walaupun sudah kenyang

Apakah Anda pernah merasakan dorongan tak terpuaskan untuk terus makan walaupun sudah kenyang? Coba belajar untuk makan lebih pelan dan nikmati setiap suapan tersebut ke dalam mulut. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk merasa kenyang, sehingga tidak makan lebih dari yang diperlukan.

 3. Makan berlebihan ketika sedang sendiri

Jika Anda cenderung makan berlebihan ketika sedang sendiri, mungkin Anda tidak memakai waktu makan seperti yang seharusnya, misalnya makan sambil berdiri atau makan sambil duduk di depan televisi.

“Hal ini dapat membuat Anda kehilangan nafsu untuk makan, karena Anda melakukan sesuatu yang lain sambil makan,” kata Lytwyn.

 4. Melewati sarapan

Para ahli telah lama mengatakan kepada kita bahwa sarapan dapat membantu metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan terus menerus setelahnya. Sarapan juga merupakan kunci untuk menurunkan berat badan.

 5. Mengemil sepanjang hari

Jika tangan Anda seringkali mengambil makanan ringan atau permen dari meja, hal pertama yang dapat dilakukan adalah pastikan makanan ringan tersebut tidak berada di tempat-tempat yang mudah di akses. Kemudian pastikan Anda tidak salah mengartikan kebutuhan energi dengan mengemil terus menerus.

6. Ngemil saat larut malam

Jika pada siang hari Anda sudah bisa mengatur waktu makan, namun setelah larut malam tiba-tiba mengidam ingin makan, sebenarnya hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda haus atau lelah. Cobalah untuk minum segelas susu atau susu almond, atau bahkan berkumur dengan mouthwash untuk memberitahu tubuh bahwa ‘sekarang adalah waktunya tidur‘.

Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply