[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Lonjakan estrogen sebelum menstruasi menyebabkan payudara membesar. Namun puncaknya, seminggu sebelum haid, wanita akan mengalami nyeri payudara kerena peningkatan hormon progesteron.

Tapi jangan khawatir, seperti diberitakan News.Health, Sabtu (4/6/2016), rasa sakit, bengkak dan sensitivitas payudara yang dialami wanita bisa dibantu dengan penggunaan bra yang nyaman.

“Bila nyeri terasa mengganggu, Anda bisa mengambil obat pereda nyeri over-the-counter dan menjaga olahraga teratur,” kata Associate professor of medicine at the NYU School of Medicine dan co-founder of Tula Skincare, Roshini Rajapaksa, MD.

Selain itu, kata Roshini, ada baiknya juga membatasi konsumsi kafein, garam, dan makanan berlemak dalam minggu-minggu sebelum menstruasi. 

“Anda juga dapat meminta dokter untuk memberikan vitamin B6, vitamin E, dan suplemen minyak evening primrose,” ujarnya.

Setelah menstruasi dimulai, nyeri payudara biasanya akan hilang. Namun, jika nyeri terus muncul setiap hari selama beberapa minggu, dan semakin memburuk dari waktu ke waktu, atau tampaknya nyeri terasa hanya di satu wilayah tertentu dari payudara Anda, segera periksakan ke dokter.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply