[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Tenggorokan menjadi salah satu bagian yang sering kali dikeluhkan, mulai dari rasa perih, gatal, hingga kering. Masalah tenggorokan yang tak mengenal usia cukup mengganggu kenyamanan tubuh manusia.

Seperti keluhan tenggorokan kering disebabkan oleh perubahan cuaca hingga gejala akan terjadinya penyakit lain yang menyerang. Mengutip laman New Health Guide, Jumat (8/7/2016) berikut penyebab lain yang membuat kondisi tenggorokan terasa kering.

1. Perubahan suhu dan cuaca

Tak sedikit orang yang sangat sensitif dengan tenggorokannya. Kemungkinan utama penyebab tenggorokan kering ketika tubuh mengalami perubahan suhu misal dari udara panas ke dingin atau sebaliknya.

2. Makanan dan minuman

Menelan makanan dan minuman tentunya melalui tenggorokan dan kandungan makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan tenggoorkan kering. Seperti kafein dan alkohol atau makanan dan minuman yang mengandung zat diuretik dapat mengubah kondisi tenggorokan menjadi kering.

3. Iritasi

Paparan udara kering dapat mengiritasi selaput lendir tenggorokan sehingga menyebabkan hilangnya air yang menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi dan mengering. Umumnya hal itu dipicu oleh paparan asap rokok, debu, dan polusi udara.

4. Sindrom sleep apnea

Sindrom sleep apnea merupakan jenis gangguan pernapasan yang menyempit dalam keadaan sedang tidur.

Di mana otot tenggorokan mengalami relaksasi berlebihan sehingga otak tidak mengirimkan sinyal kepada otot untuk mengatur pernapasan. Kondisi ini menjadikan tenggorokan menjadi kering.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply