[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Berkumur menggunakan cairan antiseptik yang mengandung Povidone Iodine satu persen diketahui dapat mencegah penularan kuman dan virus melalui mulut, sehingga terhindar dari flu dan batuk.

Director of the ENT practice di Mount Elizabeth Novena Specialist Center, Singapura, Dr Jeeve Kanagalingan, mengatakan, satu penelitian di Jepang membuktikan, anak-anak yang rutin berkumur sebelum pergi ke sekolah saat musim flu, terhindar dari risiko terserang influenza.

Mulut adalah gerbang masuknya kuman dan virus yang berasal dari lingkungan sekitar. Tanpa sadar, kita kerap memegang area mulut setelah memegang sesuatu tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Cairan antiseptik yang mengandung Povidone Iodine mudah ditemukan di produk Betadine.

“Ketika sudah merasakan gejala-gejala dari influenza, apakah hidung tersumbat maupun sakit di tenggorokan, segera kumur dengan cairan antiseptik empat kali sehari,” ujar di acara BETADINE Masuki Babak Baru di Jakarta Pusat, ditulis Jumat (20/5/2016).

Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa cairan antiseptik aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang sebagai tindakan pencegahan.

“Yang penting jangan sampai tertelan,” kata Jeeve.

Cairan semacam ini juga boleh diberikan ke anak yang sudah mengerti bagaimana cara berkumur. Biasanya anak berumur delapan tahun.

“Enam tahun kalau memang sudah bisa berkumur, nggak papa. Takutnya nggak bisa kumur-kumur malah ditelan,” kata Jeeve menyarankan.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply