[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok menjadi masalah umum yang terjadi pada wanita juga pria, dan salah satu faktor penyebab rontoknya rambut khususnya pada para wanita ialah seringnya menggunakan bahan-bahan kimia dalam perawatan rambut, kebiasaan mengikat rambut juga suhu panas yang datang dari matahari hingga alat penata rambut seperti hair dryer.

Mengutip laman food.ndtv.com, Senin (2/05/2016) dengan membiasakan diri mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini mampu mencegah kerontokan rambut di usia muda juga dewasa.

1. Bayam

Bayam merupakan sumber dari zat besi, vitamin A dan C dan juga protein. Penyebab utama rambut rontok ialah kurangnya asupan zat besi dalam tubuh dan bayam yang kaya akan zat besi, juga mengandung sebum yang bertindak sebagai kondisioner alami untuk kesehatan rambut.

Bayam yang juga memberikan asam omega-3, magnesium, kalium, dan kalsium bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut berkilau.

2. Wortel dan ubi jalar

Wortel yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan mata ternyata juga menjadi kunci rambut panjang dan berkilau. Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga mampu tingkatkan pertumbuhan rambut, terlebih dengan mengonsumsi ubi jalar secara bersamaan dengan wortel kaya akan vitamin A dalam memerangi kulit kepala yang kering dan gatal.

3. Telur dan yoghurt

Mengonsumsi telur dan yoghurt menjadi menu yang tepat untuk mendapatkan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, zat besi, seng dan asam lemak omega 6 untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Terlebih kandungan biotin dalam vitamin B7 dikenal ampuh melawan kerontokan rambut.

4. Kenari

Menambahkan kenari dalam diet Anda akan memberikan manfaat lebih khususnya dalam mencegah rambut rontok. Kacang yang mengandung biotin, vitamin B (B1, B6 dan B9), dan Vitamin E, kaya akan protein dan magnesium yang berkhasiat untuk kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala.

Mengonsumsi kenari mampu membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

5. Ayam

Nikmatnya daging unggas yang kaya akan protein berkualitas tinggi juga bermanfaat untuk menguatkan rambut yang mudah rapuh, juga mencegah kerusakan rambut. 

6. Strawberry

Strawberry mengandung kadar silika yang tinggi memberikan mineral yang baik untuk kekuatan rambut juga pertumbuhan rambut.

7. Makanan kaya Vitamin C

Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, blueberry, jeruk nipis dan kiwi yang mengandung vitamin C mampu mengurangi kerusakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh radikal bebas. Keunggulan mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin C juga mampu membantu produksi protein esensial yang disebut kolagen guna memperkuat pembuluh darah yang mendukung kesehatan batang rambut.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply