[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Jika dibandingkan dengan kemasan makanan, cenderung lebih sulit untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa produk makeup. Seringkali tanggal kedaluwarsa sebuah produk kosmetik tertera pada kotak pembungkusnya, yang tentu saja kerap terbuang dan kita susah mengingatnya kembali.

Menduga-duga kapan tanggal kedaluwarsa sebuah produk kosmetik bukanlah hal yang bijaksana. Jadi bagaimana baiknya untuk mengetahui kapan harus membuang makeup Anda?

Jawabannya mudah saja, jika produk makeup berbau atau tampak tidak biasa, berarti itu saatnya Anda harus membuangnya, seperti dikutip dari laman Hellogiggles, Jumat (8/7/2016):

1. Lipstik

Apakah aromanya tercium seperti alkohol atau malah berbau tak enak? Itulah saatnya Anda harus membuang lipstik. Juga bila Anda baru saja terkena infeksi lepuhan di bibir (semacam herpes), buang produk makeup bibir yang Anda gunakan saat atau sebelum mengalami infeksi.

2. Maskara

Maskara yang kedaluwarsa akan berbau seperti bensin. Berhati-hatilah dan ganti maskara setiap tiga bulan.

3. Alas bedak dan concealer cair

Jika alas bedan concealer berubah warna, terutama tampak oranye, atau warnanya menjadi terpisah dari kandungan air di dalamnya, tandanya sudah waktunya Anda membuang produk tersebut.

4. Bedak

Bila bedak yang biasa Anda gunakan berbau, muncul lapisan kelabu di atasnya, atau pecah-pecah, tandanya bedak sudah kedaluwarsa.

5. Pensil mata

Eyeliner Anda berbau dan warnanya pudar atau berubah serta sulit untuk diaplikasikan? Sebaiknya buang saja pensil mata Anda karena sudah kedaluwarsa.

6. Eyeliner cair atau gel

Eyeliner cair yang menggumpal atau kering dari biasanya adalah pertanda sudah lewat masa pakainya.

7. Wewangian

Jika parfum Anda sudah berubah aromanya dibandingkan saat dibeli, atau bau alkoholnya lebih manis, saatnya mengucapkan selamat tinggal pada parfum tersebut.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply