[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Earplug merupakan sepasang benda kecil yang digunakan untuk menutup lubang telinga. Biasanya penutup telinga ini digunakan untuk menghindari indera pendengaran dari kebisingan.

Umumnya individu menggunakan penutup telinga ini untuk melindungi telinga dari benda tajam saat bekerja seperti para pekerja teknisi, pekerja industri, hingga tentara saat berlatih senapan.

Ada pun individu yang mengenakan earplug saat berenang untuk menghindari masuknya air ke dalam telinga hingga tekanan udara di dalam air yang menembus ke dalam telinga. Namun beberapa orang memilih menggunakan earplug saat tidur, amankah?

Alasan pengguna earplug saat tidur untuk menghindari suara bising–juga menjadi salah satu cara memudahkan diri untuk tidur lelap. Walaupun berasal dari bahan yang lunak penggunaan earplug saat tidur ternyata dapat menyebabkan cedera hingga kerusakan telinga.

Melansir laman clearearinc.com, Minggu (5/06/2016), ketika tertidur pulas mungkin saja posisi tidur berganti yang dapat menyebabkan pergeseran earplus pada kuping. Ketika posisi earplug menjorok ke dalam, kemungkinan seperti tersangkut atau tersumbat akan menyebabkan keadaan kuping tak nyaman bahkan cedera.

Kondisi fatal lainnya ketika hendak mencopot earplug secara cepat, berisiko gendang telinga justru mendapat tekanan udara yang berpotensi membran dalam telinga pecah sehingga timbul rasa nyeri. Terlebih, gangguan pendengaran dan infeksi bisa menjadi salah satu efek dari pecahnya membran pada gendang telinga.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply