[ad_1]

Liputan6.com, New York- Saat terbangun dan mendapati kulit merah dan gatal bisa jadi ada kutu busuk atau bangsat atau tinggi (bed bugs) di kasur Anda. Kutu busuk biasanya menggigit lalu menghisap darah pada malam hari ketika kita tidur.

Untuk mengusir hewan ini memang tidak mudah karena gampang menyebar dan ukurannya amat kecil. Salah satu cara untuk mencegah agar mereka tidak senang bersemayam di sekitar tempat tidur Anda yakni lewat pemilihan warna seprai, seperti diungkap lawan Journal of Medical Entomology.

Para peneliti mengetahui hal ini setelah melakukan penelitian terhadap delapan kartu dengan warna berbeda sebagai tempat bersembunyi kutu busuk. Hampir semua kutu busuk memilih warna merah sebagai tempat bersembunyi, lalu 29 persen kutu busuk lain memilih warna hitam.

Lalu, semua kutu busuk tidak memilih warna hijau dan kuning. Bisa jadi mereka tidak menyukai warna ini karena identik dengan warna luar ruangan, di mana kutu busuk jarang berada di sana.

Melansir laman Time, Rabu (27/4/2016) para peneliti awalnya menduga kutu busuk memilih warna merah karena mereka biasa mengonsumsi darah yang memang berwarna merah. Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata bukan itu.

“Namun setelah melakukan studi, alasan kutu busuk memilih warna merah karena penampakan tubuh mereka berwarna merah, sehingga mereka lebih memilih warna merah karena ingin bersama kutu busuk lainnya,” tutur asisten peneliti biologi di Union College in Nebraska, Amerika Serikat, Corraine McNeill.

Jadi, ada baiknya menghindari warna ini pada seprai Anda untuk mengusir kutu busuk jauh-jauh.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply