[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Ada seorang teman yang satu bulan sekali sakit, sementara itu ada teman lainnya yang jarang sekali absen gara-gara sakit. Menjadi orang yang sehat memang keinginan setiap orang, namun tidak setiap orang mudah mendapatkannya. 

Bagi Anda yang suka sakit, coba sontek aktivitas yang biasa dilakukan orang jarang sakit seperti melansir laman Prevention, Kamis (26/5/2016).

1. Saat merasa akan sakit konsumsi suplemen Vitamin C

Secara ilmiah, Vitamin C dianggap tidak terlalu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun seorang pria asal California, Amerika Serikat, Sam Jernigan selama 15 tahun tidak pernah pilek. “Setiap kali merasa sakit, aku mengonsumsi suplemen Vitamin C. Lalu saat aku bertemu dengan orang yang sakit sesudahnya aku mengonsumsi suplemen Vitamin C. Dan aku tidak pernah pilek selama 15 tahun terakhir,” tutur Sam Jernigan.

2. Cukup tidur

“Tidur 8-10 jam setiap hari membuat tubuh saya tetap sehat,” tutur seorang perempuan, Amelia Narcisi. Dan secara ilmiah tidur cukup dan berkualitas mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengatasi stres

Stres memang mampu menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda mudah sakit. “Aku berusaha mengontrol emosiku agar tidak stres dengan berdansa dan meditasi rutin,” tutur penulis The Alternative Medicine Cabinet, Kathy Gruver.

4. Rajin cuci tangan

Rajin cuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan atau sebelum atau sesudah di kamar mandi, mampu menurunkan risiko terpapar virus maupun bakteri yang membuat Anda sakit.

5. Olahraga

Rutin berolahraga membuat risiko seseorang lebih rendah terkena penyakit pernapasan menurut studi dalam Journal of Sport and Health Science. Tak cuma itu, aneka penelitian lain juga ungkap sederet manfaat baik berolahraga mulai dari kesehatan jantung hingga mental.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply