[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Diabetes sering disebut sebagai ‘silent killer’ karena sulit sekali mengetahui gejalanya. Orang yang mengidap diabetes tidak dapat menggunakan hormon insulin di dalam tubuhnya dengan benar. Padahal insulin sangat diperlukan untuk mendapatkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Ketika insulin tidak berfungsi sebagaimana mestinya, gula akan terakumulasi di dalam darah daripada digunakan oleh sel-sel. Dengan begitu Anda harus mengetahui gejala-gejala dari diabetes, mulai dari yang ringat sampai yang berat, seperti dikutip dari Cheatsheet, Sabtu (9/7/2016);

1. Haus dan kencing berlebihan

Individu yang memiliki diabetes lebih sering kencing dibanding orang yang sehat. Orang yang sehat, tubuhnya akan menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Bila Anda memiliki diabetes, gula darah akan meningkat dan tubuh Anda mungkin tidak sanggup untuk menormalkannya kembali, sehingga untuk menyingkirkan glukosa ekstra tersebut, tubuh akan memproduksi lebih banyak urin.

 2. Rasa lapar yang konstan

Jika Anda sudah makan sesuatu yang tinggi karbohidrat, tubuh Anda akan membuat terlalu banyak insulin, sementara glukosa dalam tubuh cenderung turun dengan cepat. Hal ini akan membuat Anda merasa gemetar dan lapar, terutama makanan dengan kandungan karbohidrat atau gula yang akan menaikkan kadar glukosa Anda lagi.

 

3. Berat badan turun dengan cepat

Tidak semua berat badan yang turun adalah sehat. Alasan di balik ini adalah hormon insulin tidak melakukan tugasnya untuk mendapatkan glukosa atau gula yang berguna sebagai energi, sehingga tubuh berpikir bahwa ini adalah rasa lapar dan tubuh mulai mengambil protein dari otot-otot sebagai bahan bakar tubuh.

 

4. Kaki sakit dan mati rasa

Seiring dengan berjalannya waktu, kadar gula darah yang tidak normal akan menyebabkan kerusakan pada saraf tubuh, kondisi ini disebut neuropati diabetes. Gejala ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki diabetes tipe 2 selama 25 tahun atau lebih, tetapi dapat terjadi pada orang yang masih dalam tahap awal diabetes.

 

5. Penglihatan kabur

Salah satu tanda-tanda peringatan dini dari gejala diabetes adalah penglihatan yang kabur. Lensa di dalam tubuh tidak rusak, namun otot mata harus bekerja lebih keras untuk fokus, terutama bila ada perubahan yang cepat dalam gula darah dan otot mata yang belum beradaptasi.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply