[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Sebetulnya kita hanya memerlukan waktu sepertiga dari kehidupan kita untuk tidur. Tapi kualitas tidur yang kita dapatkan bisa memengaruhi mayoritas kehidupan. Ada berbagai penyebab Anda kurang tidur, di antaranya berkaitan dnegan memahami jam sirkadian, membagi waktu antara pekerjaan dan rumah, dan menemukan penyebab insomnia.

Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai dampak tak menyenangkan bagi kesehatan. Kenapa tidur begitu penting? Berikut 10 dampak akan dirasakan jika kita kurang tidur, dilansir dari laman Popsugar, Sabtu (11/6/2016):

1. Makan lebih banyak

Tepatnya Anda akan makan 300 kalori atau lebih. Studi terbaru menemukan bahwa individu yang kurang tidur cenderung akan makan lebih banyak dibandingkan jika mereka mendapat waktu tidur yang cukup. Meskipun jadwal dan pola makan mereka tetap normal.

2. Memperpendek usia

Peneliti menemukan rahasia panjang umur. Menurut studi, wanita yang tidur kurang dari lima jam sehari menjadi lebih berisiko tidak panjang umur.

3. Berat badan bertambah

Logikanya, jika Anda sering mengonsumsi banyak kalori setiap hari maka wajar jika berat badan Anda bertambah. Tapi bertambahnya berat badan itu bukan semata-mata disebabkan oleh apa yang Anda makan. Kurang tidur juga menyebabkan stres pada tubuh sehingga memicu melambatnya metabolisme dan tubuh menyimpan lemak.

4. Membuat otak mengkerut

Peneliti menemukan bahwa penderita insomia kronis memiliki volume dan kepadatan otak yang lebih kecil sehingga berpengaruh pada bagian penting sistem saraf, terutama yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

5. Meningkatkan tekanan darah

Sebuah studi menemukan, orang dewasa yang kurang tidur satu jam setiap malam selama lima tahun risiko hipertensi meningkat hingga 40 persen.

6. Mudah sakit

Kurang tidur terbukti membuat orang mudah terjangkit virus.

7. Membuat ingatan memburuk

Pernah merasa kesulitan mengingat? Tidur bermanfaat meningkatkan ingatan dan kreativitas. Jika Anda kurang tidur di malam hari, coba atasi dengan meluangkan waktu untuk tidur siang agar ingatan tetap segar.

8. Malas berolahraga

Kurang tidur juga membuat tubuh kurang berenergi sehingga kita malas berolahraga. Penelitian menunjukkan, kurang tidur adalah penyebab orang jadi tidak aktif.

9. Mudah marah

Kurang tidur membuat kita sulit mengendalikan emosi dan merespon situasi dengan buruk.

10. Performa tidak maksimal

Tidak bisa berpikir jernih, tubuh tidak segar, dan kurang konsentrasi adalah risiko yang akan dihadapi jika kurang tidur.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply