[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Hal kecil dalam hidup yang mengerikan yaitu ketika kita melupakan orang terkasih, masa lalu kita dan diri kita sendiri. Tapi itulah yang dapat terjadi ketika kita menginjak usia tua, Alzheimer mudah menghampiri.

Kondisi lupa ringan di tahun awal penyakit ini perlahan akan meluas dan merusak memori, bahasa, penalaran abstrak sampai pada akhirnya gangguan otak yang merampas kemampuan korbannya untuk berfungsi.

Meskipun sudah banyak penelitian mengenai Alzheimer, namun penyebab dan obatnya masih belum dapat dipastikan. Penelitian terbaru menghubungkan makanan dengan penyakit ini.

Berikut makanan apa saja yang dapat mengurangi risiko memiliki Alzheimer sebagaimana dilansir dari Everydayhealth, Minggu (12/6/2016).

1. Omega-3

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara asupan tinggi asam lemak omega-3 dengan penurunan berkembangnya Alzheimer.

2. Vitamin B

Vitamin B, baik B6 maupun B12 terbukti efektif mencegah penyakit Alzheimer, terutama asam folat.

3. Makanan kaya antioksidan

Makanan tinggi antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, beta karoten dan flavonoid juga dapat membantu mencegah terkena Alzheimer.

Namun, makanan di atas rupanya masih perlu diteliti lebih dalam untuk memastikannya, begitu kata Tara Harwood, ahli nutrisi terdaftar di klinik Cleveland di Ohio.

Selain menu di atas, Anda juga dapat mencegahnya dengan menghindari radikal bebas, seperti mengurangi kontak langsung dan lama dengan matahari, polusi udara dan asap rokok.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply