[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyakit yang menyerap dana banyak dari Jaminan Kesehatan Nasional adalah penyakit jantung. Ada berbagai faktor terjadinya penyakit ini, namun jika ditarik lagi ke belakang, salah satu penyebabnya karena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal, penyakit terkait pembuluh darah ini sebenarnya bisa dicegah dengan rutin mengecek tekanan darah.

Terkait hal tersebut, Menteri Kesehatan RI NilaMoeloek mengingatkan masyarakat untuk rutin mengecek tekanan darahnya apalagi pada wanita hamil. 

“Seandainya kita bisa mencegah, seandainya seluruh organisasi kesehatan masyarakat mengingatkan masyarakat untuk mengecek tekanan darah apalagi pada saat kehamilan. Ini salah satu cara menekan penyakit juga jumlah kematian,” tutur Nila saat memberikan keynote speech dalam peluncuran kampanye “Berpihak pada Anak” di Jakarta pada Selasa (17/5/2016).

Dengan rutin mengecek tekanan darah, masing-masing dari kita mengetahui masuk dalam kategori memiliki tekanan darah normal atau sudah masuk pra-hipertensi atau pun tingkat yang lebih berat, sehingga bisa dilakukan tindakan pengendalian mau pun pencegahan menjadi hipertensi yang lebih berat.

“Kita harus (lakukan tindakan) preventif promotif. Kita tidak lagi harus menunggu sakit, kita harus mencegahnya (sebelum penyakit itu datang),” terang Nila lagi bertepatan pada Hari Hipertensi Sedunia ini.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply