[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengingatkan warga agar mencegah dan menghindari penyakit sejak dari hulunya yakni kebersihan lingkungan sekitar.

“Bagaimana kita memulai dari hulunya. Kementerian Kesehatan mau menggeser dari tindakan preventif menjadi promotif. Cegah sedini mungkin,” kata Nila saat kunjungan kerja di Desa Panunggalan, Kecamatan Pulo Kulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Dia mengingatkan warga agar memperhatikan sanitasi yang layak, tidak buang air besar bukan pada tempatnya, dan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Menteri Kesehatan RI ke-20 tersebut juga meminta warga memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan kesehatan rumah. Dia berharap warga meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai yang bisa menyebabkan banjir serta pencemaran air sungai.

Selain itu, Nila juga meminta masyarakat untuk memperhatikan genangan air yang kemungkinan terdapat jentik-jentik nyamuk agar langsung membasminya.

Lebih dari itu, Nila bahkan meminta masyarakat agar memeriksakan kesehatan meski dalam kondisi sehat. “Sakit nggak sakit tetap periksa. Cek tekanan darah, cek gula. Kita pikir kita sehat, padahal darah tinggi,” jelas dia.

Nila juga berharap tindakan promotif dari petugas pelayanan kesehatan dengan mengecek anggota keluarga pasien penderita penyakit menular guna memperhatikan kualitas kesehatan rumah.

Dia mengungkapkan tingginya pengidap penyakit berat di Indonesia menyebabkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan defisit anggaran dikarenakan tingginya biaya klaim pengobatan masyarakat.

Oleh karena itu Nila berharap agar menurunkan pengidap penyakit di Indonesia harus dilakukan dari hulunya.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply