[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang Prancis terkenal gemar mengonsumsi makanan lezat, seperti keju, wine, roti baquett, daging dan makanan lainnya. Meski begitu, rata-rata tubuh mereka tetap langsing. Peneliti pun penasaran dan melakukan studi untuk mengetahui hal tersebut.

Tim peneliti dari French Agency for Food, Environmental and Occupational Health & Safety melakukan penelusuran terhadap makanan yang dikonsumsi 2,600 warga Prancis selama tujuh hari. Hasilnya amat menarik.

Berikut ini tujuh temuan menarik dalam pola makan orang Prancis seperti dikutip laman Time, Minggu (3/7/2016).

1. Mereka master dalam mengontrol porsi makan

Orang Prancis pintar dalam mengatur porsi makan. Mereka tidak akan makan dalam porsi banyak, melainkan porsi kecil dengan aneka makanan mereka santap. Lalu makanan yang dikonsumsi biasanya rendah kalori.

2. Tidak takut makanan berlemak

Hampir 89 persen partisipan yang terlibat dalam penelitian ini mengonsumsi keju berlemak. Lalu hanya delapan persen yang memilih makanan rendah lemak. Keju berlemak menurut penelitian tahun ini di Prancis dikatakan tidak membahayakan kesehatan bila maksimal hanya dikonsumsi dua sajian per hari. Lalu, studi lain juga ungkap orang yang konsumsi susu full fat cenderung tidak gemuk dibandingkan yang konsumsi susu rendah lemak.

3. Jarang konsumsi makanan digoreng dan olahan

Para partisipan jarang mengonsumsi makanan yang digoreng dan makanan olahan. Hanya 29 persen partisipan yang mengatakan konsumsi makanan olahan ataupun makanan yang berbalut tepung dalam tujuh hari tersebut.

4. Gemar makan ikan

Bukan ikan kaleng, melainkan ikan segar yang dimasak. Makanan ini dikonsumsi oleh 70 persen partisipan dalam seminggu.

5. Konsumsi wine

Ada sekitar 68 persen dari partisipan minum wine.

6. Konsumsi makanan sehat tanpa melupakan makanan enak

Ada sekitar 13 persen partisipan yang dalam kehidupan sehari-hari menerapkan diet Mediterania. Yakni dengan mengonsumsi ikan, buah, sayuran, minyak sayur, produk olahan susu, dan makanan bukan olahan.

Sementara itu orang-orang Prancis lainnya gemar mengonsumsi roti, sup, buah, teh, dan makanan rendah lemak. Tapi di sisi lain mereka senang makan kue dan aneka kue-kue kering.

“Hal ini sangat menarik karena bisa kita lihat orang-orang yang dalam kesehariannya konsumsi makanan sehat tak melupakan dimensi kenikmatan dalam makanan. Ini adalah aspek penting di Prancis,” tutur pemimpin studi, Rozenn Gazann.

7. Tidak senang konsumsi makanan cepat saji

Sekitar 17 persen orang Prancis senang makan keju, roti, daging merah, wine, salami dan aneka dessert. Namun tidak ada makanan cepat saji dalam menu mereka.

Masyarakat Prancis pada umumnya menyukai aneka makanan namun mengonsumsi dalam porsi secukupnya. Tak ketinggalan, mereka masih bisa menikmati makanan seperti cake dan kue kering.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply