[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Saluran cerna memiliki peran penting bagi kesehatan anak. Tidak sebatas mencerna, juga sebagai pembatas antara “dunia luar” dan “dunia dalam” tubuh. Karena 40 persen sel yang ada di saluran cerna adalah jaringan limfoid (sel sistem imun), maka perannya di dalam mekanisme pertahanan tubuh secara menyeluruh menjadi sangat penting.

Konsultan Gastroheapotologi Anak, Dr Badriul Hegar, Ph.D, SpA(K) mengatakan, bayi adalah mahluk yang sangat rentan karena secara fisiologi saluran cerna mereka belum matang sehingga perannya sebagai pertahanan tubuh juga belum matang. Begitu juga sel-sel pada permukaan usus yang telah matang, saling terikat satu sama lain, sedangkan pada bayi sel-sel tersebut masih dalam posisi renggang sehingga memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh tubuh.

 

“Sekitar 70 sampai 80 persen sel imun dihasilkan oleh saluran cerna dan proses ini berkembang pesat pada satu tahun pertama kehidupan,” kata Badriul dalam acara Nutrisi Tepat Kunci Kesehatan Pencernaan bagi Tumbuh Kembang Anak yang Optimal di Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/4/2016)

Lebih lanjut, sekitar 70 sampai 80 sel imun dihasilkan oleh saluran cerna. Dan proses ini berkembang pesat pada satu tahun pertama kehidupan. Saluran cerna diharapkan dapat menoleransi makanan yang masuk ke tubuh anak dan meningkatkan proteksi terhadap kumat penyakit.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply