[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya permukaan kulit di tubuh saja yang bisa dilanda gatal, namun kulit kepala juga bisa merasa gatal.

Bila kulit biasanya gatal akibat gigitan serangga, alergi, atau akibat kotoran seperti debu yang menempel, pada kulit kepala biasanya berasal dari paparan matahari hingga salah menggunakan produk perawatan rambut.

Selain itu, menurut Dr Fayne L. Frey, asal New York ada lima penyebab lain kulit kepala yang gatal, seperti dikutip laman Nhs.uk, Kamis (14/7/2016)

1. Sering mencuci rambut

Jarang dan terlalu sering mencuci rambut bisa menjadi penyebab utama kulit kepala menjadi gatal. 

2. Ketombe

Ketombe bisa menjadi salah satu faktor umum gatalnya kulit kepala. Penyebabnya, bisa karena paparan suhu ekstrem, infeksi kulit ringan, dan sel sebaceous yang terlalu aktif di kulit kepala sehingga memproduksi sebum terlalu banyak dan memicu munculnya ketombe.

3. Infeksi kulit

Infeksi kulit yang terjadi akibat tidak cocoknya pewarna rambut, sampo, kondisioner, hair spray, dan produk perawatan rambut lainnya dapat menyebabkan infeksi kulit yang mempengaruhi kondisi kepala menjadi gatal.

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit bersisik dan kemerahan. Biasanya hal ini terjadi akibat disfungsi sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh faktor lingkungan atau keturunan.

5. Infeksi

Infeksi jamur dan bakteri menjadi penyebab utama dari kegatalan rambut, biasanya jamur yang menginfeksi menyebabkan sel-sel kulit bersisik menyerupai ketombe yang terasa gatal.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply