Penyebab Tumbuhnya Jerawat di Ketiak. Liputan6.com, Jakarta Munculnya jerawat pada ketiak dapat memicu infeksi kulit. Masalahnya, sangat sulit mengatasi jerawat pada area ini.

Penyebabnya juga bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti dikutip Health Hype, berikut ini:

– Menggaruk terlalu keras

Rasa gatal pada ketiak sering tidak disadari oleh individu. Tanpa sadar, seseorang menggaruknya begitu keras hingga menjadi radang dan berujung infeksi.

Jika mengenai kuku misalnya, bukan hanya menyebabkan infeksi kulit tapi juga mempermudah masuknya bakteri ke dalam pori-pori hingga timbul jerawat.

– Cukur dan waxing

Mencukur atau melakukan waxing pada ketiak dapat menjadi salah satu alasan tumbuhnya jerawat.

– Dermatitis

Masalah kulit ini bisa disebabkan oleh kontak zat-zat tertentu, seperti wewangian, deodoran, dan sabun yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit ketiak sehingga mudah timbul jerawat pada ketiak.

– Folikulitis

Folikel rambut yang meradang biasanya hasil dari masuknya bakteri seperti Staphylococcus aureus, yang dapat menyerang kulit sensitif dan normal.

– Jamur

Pertumbuhan jamur di dalam kulit ketiak biasanya akan menghasilkan benjolan bulat berwarna merah yang disebabkan oleh dermatofit. Kondisi lembab, hangat, dan gelap akan mempermudah bakteri tak terlihat di ketiak dan memicu jerawat.

Source link

Leave a Reply