[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Untuk memberitahu semua orang bahwa sistem penyumbangan darah sukarela berperan dalam mendorong kepedulian terhadap sesama, maka tema yang diangkat untuk Hari Donor Darah Sedunia 2016 adalah Blood Connect Us All dengan slogan “Share Life, Give Blood”.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memiliki banyak kegiatan yang dilakukan guna memeringati Hari Donor Darah Sedunia 2016, di antaranya; kampanye donor darah berupa pemasangan poster, backdrop, spanduk, dan umbul-umbul; donor darah sukarela, pemeriksaan golongan darah dan Rhesus, pemeriksaan kadar hemoglobin, pemeriksaan kolesterol, deteksi dini penyakit Thalasemia, photo booth Christiano Ronaldo dalam kampanye Be The 1, dan video conference dengan UTD.

Ada pun tujuan dari diadakannya kegiatan ini, seperti yang dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis (2/6/2016).

1. Mensosialisasikan kegiatan donor darah sukarela
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebutuhan penyumbangan darah yang sukarela, teratur, dan menginspirasi orang yang belum pernah menyumbangkan darahnya untuk mulai mendonorkan darahnya, khususnya pada kaum muda yang sehat
3. Mendukung pencapaian Quick Wins program pelayanan darah, yaitu kerja sama antara Puskesmas, UTD, dan RS dalam rangka menurunkan angka kematian ibu (AKI)
4. Mendapatkan persediaan darah untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat jelang bulan Ramadan
5. Peserta mengetahui golongan darah ABO, Rhesus, kadar HB, dan kolesterol
6. Peserta mengetahui apakah dirinya merupakan pembawa sifat Thalasemia

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply