[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya rasa nikmat yang dimiliki buah berdaging lembut nan kaya air ini. Buah pir jika dikonsumsi secara rutin akan memberi segudang manfaat kesehatan bagi manusia.

Seperti dilansir laman New Health Guide, Jumat (8/7/2016) mengonsumsi buah pir dapat meningkatkan kesehatan rambut hingga kesehatan jantung dan terhindar risiko kanker. Berikut enam manfaat yang dapat diraih saat mengonsumsi buah pir.

1. Baik untuk rambut, kulit, dan mata

Tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya kecukupan vitamin A dan pir merupakan sumber yang kaya vitamin ini.

Tak hanya mengandung vitamin A, buah pir yang mengandung zea-xanthin dan lutein akan bekerja sebagai antioksidan juga berpartisipasi dalam memperbaiki fungsi organ pada tubuh.

Dengan mengonsumsi pir, Anda dapat memperoleh vitamin A pada tubuh yang sekaligus bekerja efektif untuk mengurangi efek penuaan, bintik-bintik hitam, dan mencegah keriput. Secara bersamaan buah pir akan lebih efektif dalam mengurangi rambut rontok, katarak, dan kondisi lain yang berkaitan dengan proses penuaan.

2. Baik untuk pencernaan

Sekitar 5,5 gram serat dalam buah pir berukuran sedang, akan bekerja lebih baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebab makanan berserat sangat penting untuk membantu tubuh menyerap mineral dan vitamin sehingga mampu mengurangi masalah sembelit dan menyelamatkan penderita wasir dari kekambuhan.

3. Cegah kanker

Antioksidan dalam buah pir mampu bekerja dengan efektif dalam menurunkan risiko pengembangan beragam jenis kanker seperti rektum, usus besar, prostat, payudara, dan paru-paru.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam buah pir dapat membantu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terlebih Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih yang berkaitan dengan sistem imun tubuh. 

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kalium pada buah pir yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah juga efektif mencegah pembekuan pembuluh darah yang mempengaruhi kesehatan jantung.

Selain itu, kalium juga mampu bantu mengatur cairan dalam tubuh dan menjaga sel-sel dalam tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang waktu.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply