[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Makan berlebih di malam hari, dapat membuat perut sakit kala bangun pagi. Tentu hal ini membuat Anda tak tenang, perut kembung bahkan bisa menyebabkan nyeri, gangguan pencernaan, sembelit, maupun diare.

Perut kembung seperti itu, tidak selalu disebabkan dari keasaman atau gas, dikutip Boldsky.com, Minggu (5/6/2016). Makan terlalu cepat, sindrom iritasi usus, berat badan, intoleransi laktosa juga dapat menyebabkan perut kembung.

Ilustrasi mentimun (iStockphoto)

Dan itu bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan, dari segala usia. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti infeksi usus, wasir, dan lain-lain.

Untuk menghindari perut kembung, hal yang terbaik dilakukan adalah melakukan diet sehat yang tidak melibatkan makanan mengandung gas dalam perut. Namun minuman sederhana ini bisa membantu meringankan kondisi yang tengah menderita.

Siapkan potongan mentimun, jeruk nipis, madu, dan air jahe. Campurkan keempat bahan tersebut dalam satu sendok makan, yang dapat menenangkan perut, mengurangi gas, dan keasaman yang menyebabkan perut kembung.

Ilustrasi Madu

Mentimun memiliki efek pendingan pada perut, dan meredakan mulas. Sedangkan campuran jahe, dan air jeruk nipis dapat mengurangi refluks asam dengan menetralisir kadar asam dalam perut.

Sedangkan madu dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi sakit perut. Madu juga bagus untuk minuman kesehatan. 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply