[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah tidak sengaja menelan permen karet, kemudian panik permen ini akan tinggal di perut selama bertahun-tahun. Sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter, buang jauh kekhawatiran Anda.

Belum lama ini American Chemical Society merilis sebuah video yang diunggah ke Youtube Channel Reactions. Di situ dijelaskan bagaimana permen karet melewati proses pencernaan.

Permen karet dibuat dari basis karet yang terdiri dari polimer–yang juga digunakan untuk pembuatan ban. Sedangkan enzim dalam air liur kita hanya memecah bahan makanan lainnya, seperti karbohidrat, minyak, gula. Sekeras apa pun mengunyah, enzim ini tidak akan mampu memecah karet. Itu sebabnya permen karet tidak dianjurkan ditelan,” ujar video tersebut.

Lantas bagaimana jika permen karet tidak sengaja tertelan? Permen karet yang tertelan akan masuk ke kerongkongan dalam bentuk utuh hingga ke dalam perut. Tapi jangan pikir dia akan menetap selamanya. Semua bagian tubuh kita bekerja dengan sangat baik sekali pun melewati proses pencernaan di usus.

“Intinya, permen karet akan keluar dalam bentuk utuh beberapa hari kemudian dari feses Anda,” katanya.

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply