[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Hasil riset nasional yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI kini bisa dilihat oleh publik. Sehingga hal ini bermanfaat tak hanya dalam pengambilan kebijakan tapi juga studi.

“Data-data yang dihasilkan lewat riset bisa diakses publik, baik untuk penelitian lebih lanjut, pengambilan kebijakan, maupun bagi dunia pendidikan,” kata Kepala Balitbangkes Siswanto saat peluncuran aplikasi e-Riset dan layanan data gratis di Kantor Pusat Kemenkes, Jakarta pada Rabu (20/7/2016).

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek yang hadir dalam acara ini mengatakan kehadiran data amat dibutuhkan terutama dalam membuat keputusan.

“Data itu penting sekali. Dengan data kita bisa merencanakan apa yang perlu dilakukan ke depan, intervensi yang perlu dilakukan ke depan,” kata Nila.

Selain itu, di bidang pendidikan kehadiran data-data ini bisa sukses menghantarkan orang menjadi sarjana, magister hingga profesor.

Aplikasi e-Riset berisi semua penelitian Balitbangkes baik yang akan, sedang, maupun sudah berjalan. Masyarakat dapat melihat kelengkapan penelitian baik dari anggaran, waktu, lokasi, hingga hasil penelitian.

Sementara itu aplikasi layanan data gratis berisi data hasil riset nasional yg telah dilakukan Badan Litbang Kesehatan. Di antaranya data hasil penelitian Riset Fasilitas Kesehatan 2011 dan Riset Kesehatan Dasara 2007, 2010. dan 2013.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply