[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Saat tingkat stres meroket, mungkin sebaiknya Anda mengonsumsi camilan asin. Sebab menurut penelitian terbaru, makanan asin bisa mengurangi hormon stres.

Seperti diberitakan Menshealth, Jumat (24/6/2016), secara psikologis, makanan asin bisa menekan kortisol. Hal ini terbukti pada 61 persen pria yang ikut dalam studi.

Meski begitu, para ahli memperingatkan bahaya kekelebihan natrium. “Satu hingga dua persen saja sudah cukup menekan kadar stres. Jadi tidak perlu banyak-banyak mengonsumsi makanan asin,” kata salah satu peneliti utama Eric Krause, Ph.D.

Menurut Eric, tingginya kadar natrium akan meningkatkan risiko hipertensi. Jadi dia tidak merekomendasikan keripik atau kentang goreng melainkan kacang yang tinggi protein.

“Jika tidak ingin gemuk, makan saja kacang untuk memenuhi kebutuhan garam. Makanan ini mengandung lemak sehat yang telah terbukti menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung,” ujarnya.

Anda juga dapat menambahkan garam pada irisan ketimun, wortel, atau tomat untuk mendapatkan rasa asin tanpa khawatir menambah ukuran pinggang Anda.

Menurut Dietary Guidelines 2015-2020 untuk Amerika, total asupan natrium kurang dari 2.300 miligram (mg) per hari. Namun jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, jangan melebihi 1.500 mg per hari.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply