[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa makanan berlemak adalah buruk, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Untuk lebih memahami makanan berlemak dan apa peran sebenarnya, Krista Scott-Dixon, direktur pendidikan di Precision Nutrition, Dr. Florence Comite, seorang endokrinologi, yang berbasis di New York, dan Dr. Donald Hensrud, direktur medis di Mayo Clinic Healthy Living Program menjelaskan di bawah ini, seperti dikutip laman buzzfeed, Selasa (14/6/2016):

1. Tubuhmu memerlukan fungsi lemak

Lemak adalah salah satu dari tiga macronutrients (karbohidrat dan protein adalah dua lainnya) yang membuat tubuh anda bekerja. Setiap macronutrients memiliki peran penting; karbohidrat merupakan sumber energi utama, sementara protein berfungsi untuk memperbaiki dan menumbuhkan jaringan otot.

Lemak berfungsi untuk menyediakan energi dalam tubuh kita, membantu kita untuk merasa penuh, mempersatukan hormon, dan memiliki anti-inflamasi.

2. Diet rendah lemak bikin lapar

Lemak membantu anda merasa kenyang, seperti yang sebelumnya dilaporkan. Kepadatan kalorinya, menurut Henrud disetiap satu gram lemak memiliki sembilan kalori. Sedangkan satu gram karbohidrat atau protein memiliki empat kalori.

Artinya, lemak membantu kita merasakan puas setelah makan. Sehingga jika kita makan makanan rendah lemak akan membuat Anda semakin lapar.

3. Lemak pada makanan berbeda dengan lemak dalam tubuh

Lemak dalam tubuh berguna melindungi organ dalam, dan menyediakan isolasi sehingga kita sangat membutuhkannya. Jumlah lemak dalam tubuh akan bertambah jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada membakarnya.

Tetapi, kalori-kalori tersebut tidak berasal dari lemak yang dimakan. “Lemak yang Anda makan bukanlah lemak yang Anda pakai,” ujar Comite. 

4. Ada empat tipe utama lemak yang kita makan

Lemak utama yang kita makan terdiri dari lemak jenuh, tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda, dan lemak trans. Setiap lemak memiliki pengaruh pada tubuh dalam cara yang berbeda.

a. Lemak jenuh

Lemak jenuh bisa ditemukan dalam produk hewan seperti daging merah, keju, dan susu. Juga terdapat pada minyak kelapa, dan pohon palem. Mereka cenderung padat di tempat dingin.

b. Lemak tak jenuh tunggal

Lemak ini ditemukan dalam alpukat, selai kacang, dan kacang-kacangan seperti almond, kacang Brazil, dan kacang mete, serta bibit. Mereka juga ada pada olive oil, minyak kacang, dan minyak wijen.

c. Lemak tak jenuh ganda

Terdapat pada kenari, bibit bunga matahari, tahu, minyak nabati seperti minyak jagung, safflower oil, serta ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, dan ikan trout.

d. Lemak trans

Adalah lemak buatan yang dibuat dengan menambahkan hidrogen ke dalam lemak cair agar padat. Mereka ditemukan secara ekslusif dalam makanan olahan meski jumlahnya sangat kecil, seperti dalam daging dan susu.(Tassa Marita)

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply