[ad_1]

Liputan6.com, London – Rasa cinta manusia terhadap hewan peliharaan bisa diwujudkan dengan banyak cara, salah satunya dengan memberikan pelukan. Bagi manusia, pelukan jadi tanda sayang, namun anjing ternyata tidak suka dipeluk. Pelukan manusia malah membuat anjing jadi stres.

Pada dasarnya ketika anjing dipeluk, kondisi ini membuatnya merasa terperangkap dan tidak bisa melarikan diri ketika dalam bahaya. Alhasil, pelukan membuat kecemasan dan stres meningkat seperti diungkapkan profesor psikologi dan neuropsikologi yang mempelajari anjing, Stanley Coren.

“Pertahanan pertama anjing saat tidak dalam berbahaya bukan menggunakan gigi, melainkan kemampuannya melarikan diri. Peneliti perilaku meyakini dengan memberikan pelukan meningkatkan tingkat stresnya,” tulis Coren pada laman Psychology Today.

Kecemasan anjing saat dipeluk bisa terlihat pada saat difoto. Anjing lebih enggan melakukan kontak mata, telinga menurun, lidah menjilati bibir melansir dari laman Metro, Kamis (28/4/2016).

Anjing tidak suka dipeluk.

Coren sendiri telah melakukan analisis terhadap 250 foto saat anjing dipeluk pemiliknya. Sekitar 81,6 persen dari foto tersebut memperlihatkan satu atau lebih tanda anjing stres dan cemas seperti dituturkan penulis buku Gods, Ghosts and Black Dogs; The Wisdom of Dogs ini.

Jika ingin menunjukkan rasa sayang pada anjing tidak perlu dengan pelukan, bisa dengan menggosok perut atau membelai kepalanya.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply