[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Untuk menidurkan bayi, sebenarnya tak perlu repot. Percaya atau tidak, suara bising seperti vacuum cleaner atau hair dryer akan membuat si kecil mudah terlelap.

Seperti diberitakan Time, Senin (2/5/2016), fakta unik ini memang sulit dipercaya namun hal ini dibenarkan oleh dokter anak terkenal di Amerika, Dr. Harvey Karp. 

“Semua orang mengatakan, tidak ada yang dapat dilakukan untuk menidurkan bayi usia tiga sampai empat bulan. Mungkin Anda belum mencobanya, tapi gunakan suara white noise (semacam suara berisik yang teratur dalam suatu frekuensi tertentu) seperti hair dryer atau air dari shower yang dapat menenangkan bayi,” katanya.

Hal ini juga pernah diteliti oleh ilmuwan yang kemudian mempublikasikannya dalam Journal Pediatrics. Studi mencatat, suara 14 mesin yang dapat memberikan respon kepada bayi. Menariknya, hair dryer memiliki 50-75 dB yang dapat membuat bayi merasa tenang. 

“Bayi Anda memiliki ambang pendengaran minimal 25-35 db sampai ulang tahun pertama mereka (orang dewasa memiliki ambang pendengaran 0 db) sehingga 50 dB adalah volume yang sangat konservatif dan terdengar jauh lebih tenang untuk anak,” ungkapnya.

Meski begitu, kata Karp, hindari suara white noise dalam keadaan dekat. “Jangan menyimpan hair dryer dekat tempat tidurnya.” 

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply