[ad_1]

Liputan6.com, New York- Sudah minum susu di Hari Susu Sedunia yang jatuh hari ini? Susu sapi dan susu kambing adalah dua jenis susu yang biasa kita temukan. Tapi jangan lupa, ada juga susu yang berasal dari kacang-kacangan seperti susu kedelai dan almond. Lalu, mana yang paling sehat?

Setiap orang belum tentu sama jenis susu yang dibutuhkan. Dengan memahami kandungan serta manfaat masing-masing susu bisa jadi cara memilih yang pas untuk Anda. Para pakar nutrisi memaparkan beberapa jenis susu yang ada melansir laman Prevention, Rabu (1/6/2016).

1. Susu sapi

Berasal dari perahan sapi, susu yang satu ini kaya protein, kalsium dan Vitamin D serta nutrisi penting lainnya seperti fosfor, Vitamin A, Vitamin B-12, riboflavin dan niacin, seperti diungkap pakar nutrisi Renee Clerkin.

Manfaat lebih akan didapatkan bila mengonsumsi susu dari sapi yang hanya makan rumput. Menurut studi di PLOS One, bisa membantu kesehatan jantung.

Namun bila Anda laktosa intoleran ada baiknya tidak mengonsumsi susu sapi karena menimbulkan masalah sesudahnya. Seperti kembung, perut terasa banyak gas, atau masalah pencernaan lainnya.

2. Susu sapi murni

Wanita seksi pemandu pemerah susu sapi segar di China (Shanghaiist).
Di beberapa daerah di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan susu murni. Banyak yang menyukai susu tanpa pasteurisasi ini memiliki rasa yang lebih lezat. Kandungan nutrisi susu sapi murni tidak terlalu berbeda dibandingkan susu biasa.

Namun bagi Anda yang hamil sebaiknya tidak mengonsumsi susu murni mentah, seperti diungkap dalam jurnal Pediatrics. Susu murni tanpa pengolahan kembali, misalnya tanpa direbus, kemungkinan masih memiliki bakteri Listeria dan E.coli di dalamnya. Kehadiran mikroorganisme dalam susu murni mentah bisa membahayakan janin.

3. Susu kambing

Bila ingin mendapatkan nutrisi mirip dengan susu sapi namun sulit mencerna laktosa dalam susu sapi, Anda bisa mencoba susu kambing, seperti disampaikan Clerkin. Namun perlu diingat kandungan susu kambing mengandung 170 kalori dan 10 gram lemak dalam satu cangkir.

4. Susu almond

Menghilangkan rambut kering dengan minyak kelapa dan susu almond. (via: artesanamente.es)
Susu yang dihasilkan dari almond rendah kalori dan lemak. Dalam secangkir susu almond hanya ada 30 kalori. Sayangnya kandungan protein dalam susu almond lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

5. Susu kedelai

Susu kedelai mengandung tujuh gram protein dalam 80 kalori. Sementara dalam susu sapi ada delapan gram protein. Lalu, dalam susu kedelai terdapat serat di dalamnya. Uniknya, susu kedelai kaya senyawa isoflavon yang terkait menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker.

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply