[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Para ahli setuju bahwa diet yang kaya akan buah-buahan dan sayuran adalah cara diet yang baik. Sebab, buah dapat memberikan nutrisi penting, serat, dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin memang sangat dianjurkan. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah terdapat beberapa jenis buah yang mengandung kalori dan gula yang sangat tinggi sehingga harus dihindari. 

Berikut beberapa buah yang baik dan buah yang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak karena kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi, seperti dikutip dari aol, Selasa (5/7/2016);

1. Buah terbaik

Nikmati buah-buahan di bawah ini sebanyak yang Anda inginkan, karena mereka memiliki kandungan gula yang rendah dan mereka kaya akan antioksidan, pelawan kanker, dan masih banyak manfaat untuk menjaga Anda tetap sehat:

a. Bluberi

Bluberi adalah salah satu buah yang paling banyak mengandung antioksidan. Buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah dan dapat menguntungkan orang-orang dengan penyakit diabetes.

 

b. Semangka

Terbuat dari hamper 82 persen air. Walaupun semangka mengandung gula, namun gula dalam semangka telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah dalam tubuh.

 

c. Jambu biji

Tiga ons jambu biji hanya mengandung 4,7 gram gula, selain itu buah ini ditemukan dapat membantu penglihatan, mencegah kanker, dan bahkan dapat menurunkan berat badan.

 

2. Buah yang kurang baik

Jangan khawatir, buah-buah ini tidak begitu buruk bagi Anda, hanya saja jangan berlebihan ketika mengonsumsinya karena buah-buahan di bawah ini secara signifikan mengandung lebih banyak gula dan kalori:

a. Pisang

Pisang adalah pengganti yang baik energi bar sebelum melakukan sesi latihan. Buah ini penuh dengan kalium dan mudah dicerna. Selain itu, pisang juga merupakan makanan ringan yang pas setelah berolahraga. Namun, dengan 14 gram gula dalam pisang berukuran sedang, sangat penting untuk memakannya dengan tidak berlebihan.

 

b. Mangga

Mangga penuh dengan serat, vitamin C, A, dan B6. Namun buah ini juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, bahkan dalam standar buah. Satu mangga dapat mengandung 31 gram gula.

 

c. Anggur

Satu cangkir buah anggur mengandung 15 gram gula. Namun tetap saja, buah ini dapat membantu dalam menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply