[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Kolagen adalah protein yang diproduksi oleh sel dalam tubuh kita untuk mengencangkan kulit. Dengan adanya produksi kolagen yang banyak, membuat kulit kita tampak lebih muda, serta memberikan efek kulit yang kencang, elastis, kenyal, dan bebas kerutan.

Saat usia Anda masih muda, produksi kolagen yang banyak membuat kulit kenyal dan halus karena kolagen terus menerus diproduksi tubuh. Namun ketika usia bertambah, produksi kolagen melambat dan kolagen yang sudah ada pada kulit bisa rusak karena adanya terpaan sinar matahari dan kebiasaan buruk pada kulit. Hasilnya? Kulit akan keriput dan kendur.

Di bawah ini ada beberapa tip yang bisa Anda tiru untuk mendorong produksi kolagen pada tubuh, dilansir dari laman Mirror, Rabu (22/6/2016):

1. Konsumsi banyak Vitamin C

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Nutrition menemukan lebih dari 40 wanita yang banyak mengkonsumsi vitamin C atau menambahkan vitamin C pada dietnya memiliki kerutan wajah yang lebih sedikit. Sumber makanan untuk mendapatkan vitamin C bisa dari paprika merahm daun berwarna hijau gelap seperti brokoli dan kecambah, tomat, jeruk,serta buah kiwi.

“Vitamin C sangat krusial untuk pembentukan kolagen, tanpa asam amino tidak bisa membentuk protein,” kata ahli diet Jo Travers dari thelondonnutritionist.

2. Berhenti merokok

“Merokok dapat menyebabkan enzim yang disebut dengan matrix metalloproteinases (MMPs), yang akan merusak kolagen pada kulit. Sering diketahui kisah perokok yang memiliki kulit kendur,” kata konsultan ahli kulit Dr. Nick Lowe.

3. Hindari terkena sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari dapat menghilangkan kolagen pada kulit. “Sinar UVA menembus jauh ke dalam kulit dan merusak struktur pendukung kolagen,” ujar Dr. Lowe.

4. Gunakan retinoid

Krim retinoid telah terbukti membantu meningkatkan produksi kolagen, namun memakainya harus dengan resep dari dokter.

5. Kurangi konsumsi makanan manis

Menurut dr. Patricia Farrisc, rekan penulis The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger, memakan terlalu banyak gula dapat merusak kecantikan. Makanan manis menyebabkan penuaan dini pada kulit dengan proses yang disebut glikasi.

6. Melakukan pengelupas kulit

Amanda Elias, pendiri dari merk perawatan kulit, Baruva London, menjelaskan bahwa pengelupasan adalah proses menghilangkan lapisan kulit mati, hal ini membantu mempercepat pembaruan produksi kolagen pada kulit.

7. Tambahkan antioksidan pada perawatan kulit Anda

Antioksidan dapat membantu menjaga kulit dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

“Radikal bebas melekat pada sel-sel kulit yang sehat dan pada dasarnya akan menghisap elektron yang mereka butuhkan, sehingga meninggalkan sel-sel pada kulit menjadi rusak,” ujar Amanda.

Anda bisa mengonsumsi teh hijau dan bayam, serta bisa menambahkan serum yang mengandung antioksidan.

8. Konsumsi protein

Cobalah konsumsi makanan seperti hummus, kacang-kacangan, kacang kedelai, kacang pino yang banyak mengandung protein. Karena makanan-makanan tersebut mengandung estrogen yang dapat membantu menggantikan estrogen yang hilang pada kulit.

9. Pijat Wajah

“Memijat wajah secara teratur dapat membantu mendorong produksi kolagen, membuat kulit menjadi lebih kenyal, dan membantu menstimulasi kelenjar getah bening untuk membuat kulit yang bersih,” ujar Nichola Joss, Sanctuary Spa Skincare Expert.

 

 

[ad_2]

Source link

Leave a Reply