[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bagian tubuh selain wajah yang juga berpotensi menjadi daya tarik seorang wanita adalah jemari tangan. Jemari lentik dengan kuku sehat dan cantik tentu merupakan pemandangan yang sedap dipandang mata.

Namun, merawat kuku tangan tetap sehat dan rapi terkadang susah-susah gampang. Selain itu juga perlu biasa ekstra untuk merawatnya dengan layanan manicure di salon kecantikan.

Sebelum merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kuku-kuku tangan sehat dan cantik, coba dulu empat langkah berikut yang dilansir dari laman Purewow, Minggu (10/7/2016):

1. Perbanyak makan telur

Tak hanya telur, Anda juga bisa mengonsumsi ayam, ikan, dan daging sapi. Pada dasarnya makan apa pun yang meningkatkan asupan protein bagi tubuh agar terhindar dari kuku rapuh. Asupan protein menjaga kuku tetap kuat, sehat, dan indah.

2. Buat lebih cerah

Campur satu sendok makan baking soda dan perasan sari lemon. Perlahan usapkan pasta pada kuku-kuku tangan dan gosok dengan sikat gigi. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas. Anda akan mendapatkan warna kuku lebih cerah.

3. Bentuklah agar tetap pendek dan rapi

Memotong kuku tetap pendek dan berbentuk bulat mencegahnya dari mudah patah. Alih-alih memotongnya dari satu sisi ke sisi lainnya, potong kuku dengan cara memotongnya dari kedua sisi luar menuju ke tengah. Dengan begitu, kuku tak akan rapuh.

4. Gunakan alat yang benar

Pakailah buffer kuku dengan empat sisi yang masing-masing permukaannya memiliki tingkat kekasaran berbeda. Gunakan semua sisi untuk merapikan kuku Anda dengan mengikuti tahapan yang benar.

Anda mungkin ingin menggunakan buffer setiap hari agar kuku senantiasa berkilau. Tapi penting diingat, jangan mengikir kuku lebih dari sekali dalam seminggu. Terlalu sering menggunakan buffer kuku bisa membuat kuku tipis.

5. Batasi terkena air

Air penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tapi terlalu sering terkena air akan membuat kuku dan kutikula tangan sangat kering. Batasi tangan Anda dari terkena air, caranya bisa dengan menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring.

6. Rendam dalam minyak

Celupkan ujung tangan ke dalam mangkuk kecil berisi minyak zaitun. Pastikan seluruh permukaan kuku dan kutikula terendam minyak zaitun. Biarkan selama 10 menit lalu oles dan pijat ringan dengan krim tangan.

7. Pilih produk perawatan kuku daripada kuteks

Cobalah memulas kuku Anda dengan produk perawatan kuku (tinted nail treatment) ketimbang pewarna kuku. Produk tersebut akan menetralisir warna yang berbeda dan zat kimia yang banyak terkandung dalam pewarna kuku.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply