[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Diabetesi yang ingin menjalankan ibadah puasa harus tetap mengontrol kadar gula darahnya. Sebab yang dikhawatirkan ketika diabetesi puasa adalah hipoglikemi (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal).

Oleh sebab itu, paramedis menyarankan sahur yang sehat bagi diabetesi. Situs Diabetes.UK mencatat, ada beberapa makanan yang disarankan bagi diabetesi selama sahur.

“Sebaiknya konsumsi karbohidrat yang melepaskan energi secara perlahan, seperti roti multigrain, sereal oat, kacang-kacangan, buah yang tidak manis dan beras merah,” tulis laman tersebut.

Marketing Manager PT Roche Indonesia-Diabetes Care, Dr. Benny Kurniawan juga sebelumnya sempat mengatakan, agar diabetesi kuat puasa, hindari makanan pedas dan kaya bumbu karena dapat merangsang panas dan menimbulkan keringat yang dapat mengurangi cairan tubuh.

Selebihnya, kata dia, jangan memaksakan diri ketika diabetesi tidak kuat menjalani puasa. Dan jangan lupa untuk selalu konsultasikan diri ke dokter bila ada keluhan atau konsultasi penggunaan insulin saat puasa.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply