[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah wanita khawatir, menyusui akan menyebabkan payudara kendur. Nyatanya hal ini tidak terbukti secara klinis.

Menurut Asisten Profesor Kedokteran Klinis di University of Arizona Health Sciences Center, Leona Downey, MD, memberikan ASI pada anak tidak akan menyebabkan jaringan payudara kendur. Sebaliknya, payudara yang membesar selama menyusui akan membantu peregangan kulit payudara.

“Ketika menyusui, payudara akan membesar karena secara alami ada produksi susu dalam payudara. Tapi tak perlu khawatir payudara mengendur kecuali Anda merokok,” katanya, seperti dikutip WebMD, Jumat (27/5/2016).

Sebuah studi pada 2007 yang dipresentasikan pada American Society of Plastic Surgeons menunjukkan, penyebab payudara kendur adalah ukuran cup payudara yang besar sebelum kehamilan, sering hamil, merokok (melemahkan elastisitas kulit) dan faktor usia.

Faktor lain adalah peregangan jaringan fibrosa pada payudara disebut ligamen Cooper. “Jaringan fibrosa dapat meregang dari waktu ke waktu dan membuat payudara kendur juga. Kondisi ini disebut droopers Cooper,” kata Downey.

Ahli mengatakan, ketika payudara telah kendur memang tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Hanya saja, Anda bisa mencegahnya sebelum usia 30-an.

“Beberapa dokter menyarankan perempuan untuk memakai sport bra selama joging untuk mencegah peregangan ligamen. Selebihnya, kami rekomendasikan mengenakan bra yang pas ketat secara teratur untuk mencegah payudara kendur,” ujar Downey.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply