[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpikir memiliki pasangan akan membuat hidup lebih sehat. Nyatanya, sebuah studi mengatakan sebaliknya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia mengungkap bagaimana wanita yang hidup sendiri atau jomblo jarang mengalami stres dan kelemahan fisik daripada mereka yang memiliki suami.

“Ini tidak mengejutkan. Karena wanita yang memilih hidup sendiri atau ditinggalkan suaminya cenderung hidup bahagia,” kata Ahli kesehatan Dr Miriam Stoppard, seperti dikutip Mirror, Selasa (12/7/2016).

Peneliti utama, Caterina Trevisan dari University of Padua di Italia mengatakan kehadiran seorang suami membuat wanita cenderung merasa stres dan menemukan peran mereka terbatas dan frustrasi.

“Karena wanita umumnya memiliki umur lebih lama daripada pria, wanita menikah juga mungkin memiliki beban pengasuh, karena mereka sering mengabdikan diri untuk merawat suaminya di kemudian hari,” ungkapnya.

Dr Trevisan juga menunjukkan ada risiko depresi yang lebih rendah pada wanita yang belum menikah. Wanita lajang alias jomblo juga memiliki lebih sedikit kecemasan dan tingkat produktivitas yang tinggi. Mereka juga memiliki hubungan yang kuat dengan keluarga atau teman-teman.

[ad_2]

Source link

Leave a Reply